Rabu, 03 Desember 2008

PENGANTAR

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah, Pencipta dan Pengelola alam semesta. Aku memujinNya, senantiasa bergantung padaNya, memohon ampun kepadaNya, dan padaNya pula aku berlindung dari buruknya diriku, buruknya perilakuku. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada sesuatupun yang bisa menghalangi, dan barang siapa yang Allah sesatkan dia maka tidak ada yang bisa menunjukinya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Dia dan Muhammad adalah utusanNya. Kemudian shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada manusia yang paling mulia, Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam. Juga kepada keluarganya, sahabat-sahabatnya, dan pengikut-pengikut setianya hingga hari kiamat.

Para pembaca yang dirahmati Allah, buku ini bertujuan untuk mengkaji dua buku terkenal dan fenomenal, yang telah memperoleh international best seller yaitu The Secret dan Law Of Attraction dipandang dari kaca mata AlQuran dan AlHadits. Saya mendapati poin-poin dalam ajaran The secret & Law Of Attraction selaras dengan beberapa ayat-ayat Quran dan hadits yang saya temukan, meskipun kalimat-kalimat penyampaian dari kedua buku itu terkesan berlebihan. Itu bisa dimengerti, karena tidak lain tujuannya adalah untuk meyakinkan pembacanya, sesuai dengan semangat buku itu sebagai alat motivasi. Maka dari itu ada beberapa poin dari buku tersebut yang perlu diwaspadai karena berpotensi untuk timbulnya kesombongan diri, atau jatuh musyrik bahkan kafir, jika pemahamannya keliru. Sebagai contoh misalnya, di dalam buku The Secret untuk membuat Law Of Attraction bekerja maka “Langkah pertama adalah meminta, berilah tugas kepada semesta, biarkan semesta mengetahui apa yang anda inginkan, semesta selalu merespons pikiran-pikiran anda.”. Ketika berdoa kita disuruh meminta kepada the univers atau alam semesta. Tentu saja hal ini berpotensi musyrik. Contoh lainnya “anda adalah arsitek diri anda sendiri”, kalimat ini bermakna bahwa nasib manusia ditentukan oleh dirinya sendiri, karena apapun yang terjadi pada diri manusia sebenarnya karena pikiran manusia itu sendiri. Jika tidak hati-hati ini juga berpotensi untuk ingkar terhadap adanya takdir.

Dengan membaca kajian ini diharapkan bisa mengambil manfaat, pertama sebagai informasi kepada umat Islam apakah ajaran The secret & Law of Attraction (LOA) selaras dengan ajaran Islam. Namun lebih dari itu tulisan ini diharapkan bisa membukakan mata hati kita bahwa ternyata poin-poin penting dari kedua buku tersebut telah diajarkan oleh Muhammad Rasulullah 1400 tahun yang lalu, dengan catatan ada beberapa poin yang perlu dikritisi.

Bagi saya, The Secret dan Law Of Attraction merupakan testimoni dan bukti akan kebenaran ajaran Muhammad Rasulullah. Kedua buku ini membukakan mata hati saya, menambah iman tentang Firman Allah dalam hadits Qudsi “Aku mengikuti sangkaan hambaKu padaKu, jika sangkaannya baik maka baiklah baginya, dan jika sangkaannya buruk maka buruklah baginya”. Serta Firman Allah dalam AlQuran “Mintalah kepadaKu niscaya Kuperkenankan bagimu”. Sebagai orang yang beriman, saya dengan sepenuh hati percaya dengan hal tersebut, namun bertahun-tahun saya sulit memahaminya. Banyak orang susah dan gagal yang seolah bertentangan dengan kedua firman Allah di atas. Dengan kedua buku itu saya mendapatkan hikmah melihat bukti kebenaran bahwa firman-firman Allah tersebut, benar-benar nyata telah terimplementasi di Bumi. Maha benar Allah dengan segala firmanNya. Inilah pokok pikiran dari dari buku ini.

Saya menyadari bahwa dengan keterbatasan yang kami miliki, ilmu, kemampuan, dan waktu, kajian ini masih jauh dari sempurna, karena itu dengan senang hati kami mengharap masukan-masukan dan koreksi, demi tercapainya pemahaman yang benar.

Tidak ada komentar: